Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodikdas 2014

Hanya ingin berbagi.. selamat malam pengunjung  setia Inpres samata Blog, kali ini inpres samata ingin berabagi Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodikdas 2014  Dapodikdas Generasi Ketiga (G3) meskipun sampai sekarang Dapodikdas G3 belum juga rilis. Untuk itu tak ada salahnya mengenal dapodik G3 walau hanya lewat modul sambil menunggu G.3 yang tak lama lagi rilis menurut kabar kabari yang lagi ramai di bicarakan di jejaring sosial. Langsung ke topic Berikut panduan penggunaan aplikasi dapodikdas 2014 bacanya pelan-pelan saja kalau belum dimengrti diulang2 lagi bacanya sampai anda mengerti  :Sumber: arsip OPSI "Operator sekolah Indonesia"
PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI DAPODIKDAS 2014
A. TAHAP AWAL
Sebelum melakukan intalasi aplikasi Dapodikdas Versi Ke-3 (dapodikdas 2014) yang
harus dilakukan diantaranya sebagai berikut :
1.      Persiapkan Kode Registasi Dapodikdasnya
2.      Uninstall dulu aplikasi dapodikdas versi sebelumnya (dapodikdas 2013)
3.      Membersihkan history data browser/clear browser data, supaya lebih mudah bisa menggunakan aplikasi cleaner, contohnya CCleaner. Bagi yang belum langkah- langkah clear browser data saya kasih contoh di chrome saja, caranya sebagaiberikut :
·         Klik icon Setting/Pengaturan di Chrome
·         Setelah diklik setting lanjutkan dengan mengklik Show Advanced Setting
·         Setelah itu klik Clear Browsing Data
4.      Sebaiknya browser yang digunakan untuk default dapodikdas ini Google Chrome, Opera V.16, Komodo, dll. Kecuali Firefox Mozila.
5.      Download Aplikasi Dapodikdasnya dan download pula File Prefillnya, untuk mendownload aplikasinya di alamat : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh sedangkan untuk mengunduh file prefillnya di alamat: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill
6.      Atur date and time (tanggal dan waktu) di leptop/dekstop anda harus sesuai dengan saat ini.
7.      Disaranjan untuk menggunakan menggunakan komputer (leptop/dekstop) yang betul betul stabil.

B. TAHAP INSTALASI APLIKASI DAPODIKDAS
Pada tahap instalasi rekan-rekan operator sekolah pasti sudah pada faham, tapi mungkin untuk mengingatkan saja saya akan jelaskan secara singkat langkah-langkah instalasinya sebagai berikut:
1.      Buat new folder di Drive C (local disk C) dengan nama “prefill_dapodik”
2.      Moving (cut dan paste) file Prefill yang sudah berhasil didownload ke folder prefill dapodik tsb. Klik kanan pada installer dapodikdas (yang sudah berhasil didownload) kemudian pilih dan klik Run As Administrator
3.      Untuk selanjutnya tinggal klik lanjut, lanjut sampai selesai/finish.

C. TAHAP PENGISIAN/ENTRY DATA
Ditahap pengisian data sebaiknya dilakukan tab demi tab, menu demi menu secara berurutan  sebagai berikut:
1.      Tahap Registasi
·         Pada tampilan awal klik pilihan registasi, kemudian muncul kolom registasi. Silahkan oleh anda isi dengan baik dan benar (user/email, Nope, Nama) harus yang masih hidup. Saya sarankan password harus kata yang selalu mudah diingat.
·         Setelah diisi kolom registasi tersebut, klik simpan dan harus berhasil. Jika sudah berhasil kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

2.      Tahap Login/Masuk
·         Setelah anda berhasil registasi yang harus dilakukan yaitu login ke aplikasinya, sebelum login harus diperhatikan dulu periode aktifknya, pastikan periode : Ganjil/2014-2015
·         Masukkan user/email dan password yang digunakan dan klik login

3.      Tab Beranda
·         Setelah berhasil login perhatikan di Tab beranda utamanya di identitas sekolah, apakah sudah benar identitas sekolahnya. Selain itu di tab Beranda di versi ini ditampilkan pula link-link penting yang berhubungan dengan dapodikdas.

4.      Tab Sekolah
·         Pada bagian ini hampir sama saja dengan versi sebelumnya, anda tinggal melengkapi bila belum lengkap atau menambahkan data baru. Cuma yang membedakan di data rinci sekolahnya. (lihat gambar)

·         Lengkapi semua data yang diminta (jika ada) mulai dari Data Periodik sekolah, Sanitasi, Blockgrant/Bantuan Dana, Akreditasi, dan Program Inklusi. Rekan tidak perlu bingung untuk mengisi field atau kolom-kolom yang diminta pada setiap bagian data rinci sekolah karna ada menu bantuan (?). klik saja icon tandatanya (?) tersebut. Jangan lupa setiap mau ngisi data di tab-tab tersebut klik menu tambah dan bila sudah selesai mengisi jangan lupa klik simpan.

5.      Tab Peserta Didik
Pada bagian ini Hal-hal yang akan dilakukan terlebih dahulu pada dapodikdas 2014 di tab peserta didik yaitu:
·         Meregistasi peserta didik yang sudah keluar/lulus/mutasi. Caranya cari dan pilihlah peserta didik yang sudah keluar/lulus/mutasi kemudian klik registasi, dalam kolom registasi peserta didik tersebut tinggal isi keluar karena dan tanggal keluar kemudian klik save and close.
·         Menambahkan/atau memasukan PD baru jika SD untuk kelas satu tinggal klik tambah siswa kelas 1, jika SMP tinggal klik tambah, kemudian isi data/field yang harus dilengkapinya.
·         Menambahkan siswa baru pindahan/mutasi masuk, klik menu tambah, kemudian lengkapi field yg diperlukan. Jika sudah selesai pindahkan ke table utama.
·         Meregistasi siswa baru yang sdah berhasil dipindahkan ke tabel utama Isi datanya
·         Mengisi data periodik PD ganjil 2014/2015 baik siswa baru maupun siswa yang sudah ada pada aplikasi. Jika rekan2 hanya ingin mempermudah pekerjaan untuk data periodik siswa lama tinggal klik tombol action menu dan pilih lanjutkan data periodik, tapi saran saya sebaiknya isi data dengan benar/sesuai supaya datanya menjadi berkualitas.
·         Untuk mengisi data periodik siswa baru caranya masih sama, pilih siswa yang akan diisi data periodiknya kemudian klik menu ubah. Isi data rinci siswa tersebut baik data periodiknya, Prestasi dan beasiswanya (jika ada). Jika sdah jangan lupa klik simpan.
·         Mengisi/melengkapi data PD khusunya NIS bagi daftar Peserta Didik yg lama. Caranya pilih siswa kemudian klik registasi isi data yang belum dilengkapinya, kemudian save and close.
·         Mengecek kembali data Peserta didik mungkin saja ada yang belum lengkap atau masih kurang tepat, atau mungkin saja pindah alamat. Caranya klik ubah pada daftar siswa tersebut.

6.      Tab PTK
Pas pertama kali anda mengklik tab PTK akan muncul informasi seperti gambar berikut: Anda tinggal klik OK saja, nanti akan otomatis di daftar PTK sdah ada PTK yg sdah teregistasi dan otomatis PTK keluar (diaplikasi sebelumnya) akan pindah ke tab PTK keluar. Jika misalkan tidak otomatis muncul informasi di atas, , lakukan hal berikut:
·         Klik action menu
·         Klik salin penugasan, kemudian OK.
Setelah muncul daftar PTK yang sudah terigistasi hal-hal yang harus dilakukan diantaranya sebagai berikut:
·         Mencentang keaktifan PTK, (pilih PTK dan klik penugasan)
·         Menambah PTK baru atau mutasi masuk (klik menu tambah)
·         Mengeluarkan PTK / mutasi keluar
·         Melengkapi atau memasukan data baru di setiap PTKnya (klik ubah) Baik data Identitas PTK, Data Pribadi, Data Kepegawaian, Kompetensi Khusus, dan data Kontak PTK.
·         Melengkapi dan atau update data rincian PTK, mulai dari Anak, sampai dengan Riwayat Jabatan Fungsional.

SARAN SAYA: INGAT CEK DAN LIHAT KEMBALI
SEMUA DATA PTK (SEMUA TABNYA)!!!!

7.      Tab Sarpras (Sarana dan Prasarana)
Pada bagian ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, yang harus anda lakukan hanya update data saja baik periodiknya maupun sarpras barunya (jika ada). Jika anda merasa keadaan data periodik sarprasnya masih sama saja dengan periode genap 2013/2014 anda tinggl klik action menu kemudian klin lanjutkan periodik. Nanti akan secara otomatis datanya akan terisisi sperti data sebelumnya baik keadaan sarprasnya maupun jumlah dan jenis sarprasnya serta buku & alat. Saran saya sebaiknya dalam pengisian periodik disi manual lagi apa lagi di data periodik sarana, buku & alat, karna mungkin saja ada kursi atau meja yang rusak atau ada ada yang baru dll. Silahkan cek dan hitung lagi ke setiap ruangan tersebut.

8.      Tab Rombel (Rombongan Belajar)
di tab rombel. Fitur baru pada tab rombel di dapodikdas 204 yaitu action menu, yang berisi 2 pilihan, yaitu tampilkan data rombel yang terhapus dan kenaikan kelas. Fitur kenaikan kelas tujuannya untuk membuat rombel secara otomatis sehingga anggota rombel akan ikut naik kelas, tapi itu semua perlu tahapan edit kembali, yang harus diedit kembali contohnya kurikulum, jenis rombel, wali kelas, dan prasarana. Oleh sebab itu saran saya sebaiknya lakukan secara manual saja seperti [ada aplikasi sebelumnya.

hal-hal yang harus dilakukan pada tab rombel adalah sebagai berikut:
·         Membuat Rombel (dengan cara klik tambah) isi dan pilih sesuai data yang akan dibuat. Janga lupa jika sudah selesai harus berhasil disimpan.
·         Memasukan anggota rombel/memasukan PD ke rombel Pilih rombel yang akan diisi anggota rombelnya kemudian klik anggota rombel. Setelah muncul lakukan drop and drag jika siswa yang dituju sdah terpilih. Ingat perhatikan sebelum di pindahkan/drop and drag tentukan dulu jenis pendaftarannya apakah siswa baru, naik kelas, mengulang atau pindahan. Lakukan rombel demi rombel sampai tidak ada lagi daftar siswa yg belum masuk rombel.
·         Mengisi pembelajaran. Dalam mengisi pemebelajaran semua juga sudah tahu caranya, tinggalpilih rombel yang dimaksud kemudian klik menu pembelajaran. Nah yang jadi galau mungkin cara mengisi JJM dan mapel apa saja yang sesuai he.he.he.. intinya dalam mengisi JJM tersebut ya sesuaikan dengan struktur kurikulum yang ada di sekolah anda. Mungkin saya akan mencontohkan beberapa saja. Oh iya hampir saja lupa dalam memilih mapel untuk dikdas kebanyakan ada di hal 2. Ketik saja angka 2 di kolom Hal kemudian enter.
1. Kelas 1 SD Kurikulum 2013
2. Kelas 2 SD Kurikulum 2013
3. Kelas 3 SD Kurikulum KTSP (Kurikulum 2006)
4. Kelas 4 SD Kurikulum 2013
5. Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Sepertinya pengaturan JJM di kelas 5 SD kurikulum 2013 hampir sama dengan pengaturan pembelajaran di kelas 4 SD kurikulum 2013

6. Kelas 6 SD Kurikulum KTSP (Kurikulum 2006)
7. Kelas 7, 8, dan 9 SMP Kurikulum 2013

Sepertinya untuk SMP itu lebih mudah karna dalam aplikasi sudah disediakan mapel wajibnya sesuai kurikulum, dan untuk mapel tambahan ambilnya di mapel tambahan murni (point 3) kalau mengikuti Pergub Jabar No. 69 Tahun 2013 berarti ada tambahan mapel wajib jadi mulok Bahasa dan Sastra Sunda dimasukan ke mapel tambahan wajib (point 2)

D. TAHAP AKHIR
Jika tab demi tab, menu demi menu, kolom demi kolo sudah di cek dan isi dan dilengkapi, silahkan anda kembali ke tab beranda kemudian lakukan refresh (Ctrl+F5). Adakah perubahan di beranda tsb?!
Yang termasuk ke dalam tahap akhir ini menurut Obengs Bunhaw yaitu:
1.      Lakukan validasi apakah sdah bersih yang invalidnya alias tidak adak lagi yang invalid, jika masih ada yang invalid cek ke TKP data yang masih invalid tsb lakukan perbaikan lagi.
2.      Unduh Profil sekolah (klik profil sekolah) cek kembali mungkin saja ada data yang masih kurang tepat.
3.      Unduh Absensi. Cek kembali
4.      Unduh Excel Peserta Didik (di tab peserta didik pada action menu) cek kembali
5.      Unduh Excel PTK (di tab PTK pada action menu) cek and ricek kembali
6.      Jika semua udeh dicek dan diperbaiki kembali ke beranda klik validasi. Mudah2an sudah tidak ada yang invalid lagi mungkin yang tersisa tinggal warning saja itupun jika ada.
7.      Silahkan lakukan syncronisasi sampai berhasil, minimal data perubahan di local bisa terkirim semua ke server. Langkahnya:
·         Klik Sinkronisasi (di beranda)
·         Klik versi update versi sinkronisasi (di kolom sinkronisasi) sampai berhasil
·         Kemudian klik sinkronisasi
·         Tunggu proses sinkronisasi sampai ada keterangan selesai sinkronisasi
·         Cek daftar data perubahan kosong
·         Ced daftar data perubahan yang terkirim ke server harus sukses
·         Klik close (pada kolom sinkronisasi) kemudian refresh dan cek di log sinkronisasi harus ada tanggal dan waktu mulai dan selesai proses sinkronisasi.
8.      Mengecek data di server setelah melakukan sinkronisasi
Tahap ini juga wajib dilakukan oleh rekan-rekan untuk membuktikan apakah data anda sudah terkirim ke server. Caranya kunjungi alamat progres pendataan : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ Kemudian klik progres, pilih Propinsi, Kab/kota, Kecamatan sampai dengan sekolah anda, masukan Kode Registasi aplikasi sekolah anda. Cek data terbarunya sdah masuk apa belum ke server.

Terimakasih semoga pnduan ini bisa bermanfaat. Maaf ane yakin di dalam modul ini masih banyak salah kata, salah ketik, salah kalimat atau yang lainya. Teliti dalam bekerja



Postingan terkait:

Comments
0 Comments

Belum ada tanggapan untuk "Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodikdas 2014"