BAGAIMANA MEMBACA RAPOR PETA MUTU PENDIDIKAN ?

Aplikasi PMP adalah sistem yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Rapor peta mutu dapat dilihat oleh sekolah pada sistem informasi mutu pendidikan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun akses DAPODIK.


RAPOR PETA MUTU PENDIDIKAN BAGAIMANA MEMBACA PETA MUTU?

1. IDENTITAS SEKOLAH 
Bagian pertama rapor mutu sekolah menyajikan informasi umum identitas sekolah. Bagian ini juga menampilan kategori pencapaian mutu di sekolah terhadap standar nasional pendidikan. Kategori tersebut ditandai dengan nilai yang disajikan dalam angka romawi antara I hingga V yang diperoleh dari rataan nilai pencapaian.


2. DIAGRAM RADAR PENCAPAIAN STANDAR 

Bagian kedua menunjukkan informasi terkait pencapaian setiap standar dengan rentang nilai antara 0 hingga 7. Nilai disajikan dalam bentuk diagram radar yang memberikan informasi perbedaan pencapaian masing-masing standar. Diagram tersebut diharapkan dapat memudahkan pembaca untuk membandingkan posisi pencapaian setiap standar. Jika titik rataan pencapaian standar mendekati garis terluar radar maka standar tersebut hampir terpenuhi.


3. KATEGORI CAPAIAN SNP 

Bagian ketiga memberikan informasi mengenai pencapaian standar nasional pendidikan yang disajikan dalam bentuk kategori I – V, I : Menuju SNP 1, dengan nilai rataan 0 – 2,04 II : Menuju SNP 2, dengan nilai rataan 2,05 – 3,70 III: Menuju SNP 3, dengan nilai rataan 3,71 – 5,06 IV: Menuju SNP 4, dengan nilai rataan 5,07 – 6,66 V : Memenuhi SNP, dengan nilai rataan 6,67 – 7,00



4. TABEL PENCAPAIAN INDIKATOR DAN SUB-INDIKATOR MUTU 

Bagian keempat memberikan informasi capaian indikator dan sub indikator dari delapan standar nasional pendidikan. Setiap indikator dan sub indikator menampilkan informasi perolehan serta kategori pencapaian mutu seperti yang dijelaskan pada bagian tiga.



Sumber : Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Dasar

Postingan terkait:

Comments
0 Comments

Belum ada tanggapan untuk "BAGAIMANA MEMBACA RAPOR PETA MUTU PENDIDIKAN ?"